Macam-macam Tata Surya

Macam-macam Tata Surya

ANGEL OF DEATH FROM THE HELL (2013)
0


- Merkurius
Merkurius (0,4 SA dari matahari) adalah planet terdekat dari matahari serta juga terkecil (0,055 massa bumi). Merkurius tidak memiliki satelit alami dan ciri geologisnya di samping kawah meteorid yang diketahui adalah lobed ridges atau kemungkinan terjadi karena pengerutan pada perioda awal sejarahnya.Atmosfer Merkurius yang hampir bisa diabaikan terdiri dari atom-atom yangterlepas dari permukaannya karena semburan angin matahari.Besarnya inti besidan tipisnya kerak Merkurius masih belum bisa dapat diterangkan. Menurut dugaan hipotesa lapisan luar planet ini terlepas setelah terjadi tabrakan raksasa,dan perkembangan ("akresi") penuhnya terhambat oleh energi awal matahari.

- Venus
Venus (0,7 SA dari matahari) berukuran mirip bumi (0,815 massa bumi). Dan seperti bumi, planet ini memiliki selimut kulit silikat yang tebal dan berinti besi,atmosfernya juga tebal dan memiliki aktivitas geologi. Akan tetapi planet ini lebih kering dari bumi dan atmosfernya sembilan kali lebih padat dari bumi. Venus tidak memiliki satelit. Venus adalah planet terpanas dengan suhu permukaanmencapai 400 °C, kemungkinan besar disebabkan jumlah gas rumah kaca yangterkandung di dalam atmosfer. Sejauh ini aktivitas geologis Venus belumdideteksi, tetapi karena planet ini tidak memiliki medan magnet yang bisamencegah habisnya atmosfer, diduga sumber atmosfer Venus berasal dari gunung berapi.

- Bumi 
Bumi (1 SA dari matahari) adalah planet bagian dalam yang terbesar dan terpadat,satu-satunya yang diketahui memiliki aktivitas geologi dan satu-satunya planetyang diketahui memiliki mahluk hidup. Hidrosfer-nya yang cair adalah khas diantara planet-planet kebumian dan juga merupakan satu-satunya planet yangdiobservasi memiliki lempeng tektonik. Atmosfer bumi sangat berbedadibandingkan planet-planet lainnya, karena dipengaruhi oleh keberadaan mahluk hidup yang menghasilkan 21% oksigen. Bumi memiliki satu satelit, bulan, satu- satunya satelit besar dari planet kebumian di dalam Tata Surya.

- Mars
Mars (1,5 SA dari matahari) berukuran lebih keci dari bumi dan Venus (0,107massa bumi). Planet ini memiliki atmosfer tipis yang kandungan utamanya adalah karbon dioksida. Permukaan Mars yang dipenuhi gunung berapi raksasa sepertiOlympus Monsdan lembah retakan sepertiValles marineris, menunjukan aktivitas geologis yang terus terjadi sampai baru belakangan ini. Warna merahnya berasal dari warna karat tanahnya yang kaya besi.Mars mempunyai dua satelit alami kecil (Deimos dan Phobos) yang diduga merupakan asteroid yang terjebak  gravitasi Mars.

- Yupiter 
Yupiter (5,2 SA), dengan 318 kali massa bumi, adalah 2,5 kali massa darigabungan seluruh planet lainnya. Kandungan utamanya adalah hidrogen dan helium. Sumber panas di dalam Yupiter menyebabkan timbulnya beberapa cirisemi-permanen pada atmosfernya, sebagai contoh pita pita awan dan Bintik  Merah Raksasa. Sejauh yang diketahui Yupiter memiliki 63 satelit. Empat yangterbesar,Ganymede,Callisto,Io, danEuropa menampakan kemiripan dengan  planet kebumian, seperti gunung berapi dan inti yang panas.Ganymede, yang merupakan satelit terbesar di Tata Surya, berukuran lebih besar dari Merkurius.

- Saturnus
Saturnus (9,5 SA) yang dikenal dengan sistem cincinnya, memiliki beberapakesamaan dengan Yupiter, sebagai contoh komposisi atmosfernya. MeskipunSaturnus hanya sebesar 60% volume Yupiter, planet ini hanya seberat kurang dari sepertiga Yupiter atau 95 kali massa bumi, membuat planet ini sebuah planet yang paling tidak padat di Tata Surya. Saturnus memiliki 60 satelit yang diketahuisejauh ini (dan 3 yang belum dipastikan) dua di antaranya Titan dan Enceladus, menunjukan activitas geologis, meski hampir terdiri hanya dari es saja.Titan berukuran lebih besar dari Merkurius dan merupakan satu-satunya satelit di Tata Surya yang memiliki atmosfer yang cukup berarti.

- Uranus
Uranus (19,6 SA) yang memiliki 14 kali massa bumi, adalah planet yang palingringan di antara planet-planet luar. Planet ini memiliki kelainan ciri orbit. Uranus mengedari matahari dengan bujkuran poros 90 derajad pada ekliptika. Planet ini memiliki inti yang sangat dingin dibandingkan gas raksasa lainnya dan hanyasedikit memancarkan energi panas.Uranus memiliki 27 satelit yang diketahui,yang terbesar adalah Titania, Oberon, Umbriel, Ariel dan Miranda.

- Neptunus
Neptunus (30 SA) meskipun sedikit lebih kecil dari Uranus, memiliki 17 kalimassa bumi, sehingga membuatnya lebih padat. Planet ini memancarkan panasdari dalam tetapi tidak sebanyak Yupiter atau Saturnus. Neptunus memiliki 13satelit yang diketahui. Yang terbesar, Triton, geologinya aktif, dan memiliki geyser nitrogen cair. Triton adalah satu-satunya satelit besar yang orbitnyaterbalik arah (retrogade).Neptunus juga didampingi beberapa planet minor padaorbitnya, yang disebut Trojan Neptunus. Benda-benda ini memiliki resonansi 1:1dengan Neptunus.

- Sabuk Kuiper
Sabuk Kuiper adalah sebuah cincin raksasa mirip dengan sabuk asteroid, tetapikomposisi utamanya adalah es. Sabuk ini terletak antara 30 dan 50 SA, dan terdiridari  benda kecil Tata Surya. Meski demikian, beberapa objek Kuiper yang terbesar, seperti Quaoar , Varuna, danOrcus, mungkin akan diklasifikasikan sebagai  planet kerdil. Para ilmuwan memperkirakan terdapat sekitar 100.000 objek Sabuk Kuiper yang berdiameter lebih dari 50 km, tetapi diperkirakan massatotal Sabuk Kuiper hanya sepersepuluh massa bumi.Banyak objek Kuiper memiliki satelit ganda dan kebanyakan memiliki orbit di luar bidang eliptika.Sabuk Kuiper secara kasar bisa dibagi menjadi "sabuk klasik" dan resonansi.Resonansi adalah orbit yang terkait pada Neptunus (contoh: dua orbit untuk setiap tiga orbit Neptunus atau satu untuk setiap dua). Resonansi yang pertama bermula pada Neptunus sendiri. Sabuk klasik terdiri dari objek yang tidak memilikiresonansi dengan Neptunus, dan terletak sekitar 39,4 SA sampai 47,7 SA.Anggota dari sabuk klasik diklasifikasikan sebagai cubewanos, setelah anggota jenis pertamanya ditemukan Awan Oort Secara hipotesa, Awan Oort adalah sebuah massa berukuran raksasa yang terdiridari bertrilyun-trilyun objek es, dipercaya merupakan sumber komet berperioda panjang. Awan ini menyelubungi matahari pada jarak sekitar 50.000 SA (sekitar 1 tahun cahaya) sampai sejauh 100.000 SA (1,87 tahun cahaya). Daerah inidipercaya mengandung komet yang terlempar dari bagian dalam Tata Suryakarena interaksi dengan planet-planet bagian luar. Objek Awan Oort bergerak sangat lambat dan bisa digoncangkan oleh situasi-situasi langka seperti tabrakan,effek gravitasi dari laluan bintang, atau gaya pasang galaksi, gaya pasang yang didorong Bima Sakti.

Posting Komentar

0Komentar

Kami sangat menghargai pendapat dan pengalaman Anda. Silakan berbagi wawasan, komentar, atau pertanyaan di bawah ini.
1. Harap hindari meninggalkan tautan aktif.
2. Tidak ada spam atau tautan palsu, karena kami menghargai interaksi yang jujur.
3. Hindari menyalin dan menempel tanpa izin dari admin; kami menghormati hak kekayaan intelektual.
4. Jika Anda menikmati postingan ini, tolong bagikan kepada teman-teman Anda. Bersama-sama, kita bisa mengubah dunia!
PLEASE WAKE UP. ONE VOICE CAN MAKE A DIFFERENCE AND A MILLION CAN CHANGE THE WORLD.

Posting Komentar (0)